Puasa sebagai Terapi Lemahnya Irodah & Maksimalisasi Mauhibah

قال الله تبارك وتعالى :

       ] يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّـيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَـتَّقُوْنَ . أَيَّامًا مَّعْدُوْدَاتٍ [ البقرة : 183 – 184.
قوله ] كما كتب على الذين من قبلكم [
فيه أغراض ثلاثة تضمنها التشـبيه :
1.      الإهتمام بهذه العبادة لأنها شرعها الله قبل هذه الأمة وذلك يقتضى اطراد صلاحها ووفرة ثوابها وإنهاض همم الأمة لتلقـيها كي لا يتميز بها من كان قبلهم قال الله تعالى ]وَفِى ذَلِكَ فَلْيَتَـنَافَسِ الْمُتَنَافِسُوْنَ [ المطففين : 26.
2.      التهوين على المكلفين بهذه العبادة حتى لا يستثـقلوها وقد أكّد هذاالمعنى  قوله بعده ” أياما معدودات “
3.      إثارة العزائم للقيام بهذه العبادة حتى لا يكونوا مقصرين فى قبولها بل ليأخذوها بقوة تفوق ما أدى به الأمم السابقة .
وفى هذا نموذج من أسلوب القرآن الكريم فى علاج ضعف إرادة المسلم لأن المسلم الواعى من شأنه أن يحقق نجاحا عمليـا حسب موهبة الله له مادام يمثـلها فى إخلاصه وجده ودأبه يتقرب بها فاعلها لابتغاء مرضاته موقـنا بقوله تعالى ] الَّذِى خَلَقَ فَسَوَّى . وَالَّذِى قَدَّرَ فَهَدَى [ الأعلى : 2 – 3 .
 وفى هذا يقول سيدنا على رضي الله عنه : ( قِيْمَةُ كُلِّ امْرِئٍٍ مَا يُحْسِنُ ) فقيمة العالم علمه قل منه او كثر وقيمة الشاعر شعره أحسن فيه او أساء . وكل صاحب موهبة او حرفة إنما قيمـته تلك الموهبة او تلك الحرفة ليس إلا , فليحرص المسلم على أن يرفع قيمته  ويغلي ثَمـنه بعمله الصالح ولا يحزن إن قلّ ماله او رثّ حاله فقيمـته شيء آخر .
وفشل الإنسان فى نجاح عمله من ضعف إرادته وهلعـه ولذلك قال تعالى ] إِنَّ اْلإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوْعًا . إِذَا مَسَّـهُ الشَّـرُّ جَزُوْعًا . إِلاَّ الْمُصَلِّيْنَ الَّذِيْنَ هُمْ عَلَى صَلاَتِهِمْ دَائِمُوْنَ [ المعارج : 19 – 22 . وقال تعالى ]  وَلاَ تَيْأَسُوْا مِنْ رَوْحِ اللهِ إِنَّهُ لاَ يَيْـأَسُ إِلاَّ الْقَوْمُ الْكَافِرُوْنَ [ يوسف : 87 . وقد قيل :
لا َتَحْسَبِ الْمَجْدَ تَمْرًا أَنْتَ آكِلُهُ  #  لاَ تَبْلُغُ الْمَجْدَ حَتىَّ تَلْعَقَ الصَّبِرَا
 – والله يتولى الجميع برعايته –
Alloh tabaroka wata’ala berfirman: (Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.( yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu…)QS al Baqoroh : 183 – 184 .
Firman Alloh (…sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum kalian )
Di sini ada tiga tujuan yang terkandung dalam ungkapan menyerupakan / Tasybih  ( sebagaimana…) :
1.                   Memperhatikan serius ( Ihtimam ) ibadah ini ( puasa ) karena keberadaannya yang telah disyariatkan Alloh sejak sebelum umat ini di mana hal tersebut memunculkan konsekwensi  dilaksanakannya ibadah ini dengan baik, kesempurnaan pahalanya dan membangkitkan semangat umat ini untuk menyambutnya supaya ibadah ini tidak hanya menjadi keistimewaan umat – umat terdahulu. Alloh berfirman (  … dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba ) QS al Muthoffifin : 26  
2.                   Memberikan kemudahan ( Tahwiin ) ibadah ini kepada orang – orang mukallaf ( al Mukallafin ) agar mereka tidak merasa berat. Makna ini dikuatkan ( tersiratkan ) dalam firmanNya “ …dalam beberapa hari tertentu “
3.                   Mengobarkan semangat dan tekad bulat ( Azimah – Azaim ) untuk melakukan ibadah ini sehingga mereka tidak teledor menerimanya, tetapi sebaliknya mengambil ibadah ini dengan kekuatan melebihi apa yang telah dilakukan oleh umat – umat terdahulu.
Di sini ada sebuah contoh metode  / uslub Alqur’an al Karim  dalam memberikan terapi terhadap lemah Irodah  ( yang menjangkiti ) seorang muslim. Sebab sesungguhnya seorang muslim yang terbina semestinya mampu menghasilkan sebuah karya nyata sesuai bakat alamiah yang diberikan Alloh ( Mauhibah ) dengan catatanMauhibah itu ia wujudkan dengan ikhlash, bersungguh – sungguh dan konsisten dalam rangka mendekat dan mencari ridho Alloh dengan satu keyakinan seperti firmankan olehNya, “  Dzat yang Menciptakan, dan menyempurnakan (penciptaan-Nya), Dan yang menentukan kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk  “ QS al A’laa : 2 – 3 .
Terkait dengan ini, Sayyidina Ali ra mengatakan: “  Nilai diri seseorang adalah profesionalitas yang ia miliki  “ maka nilai diri orang berilmu adalah ilmunya, sedikit atau banyak ilmu itu. Nilai diri seorang penyair adalah syairnya, baik atau jelek  syair itu. Jadi nilai diri semua orang adalah Mauhibah atau aktivitas rutin ( Hirfah ) yang ia miliki, bukan yang lain. karena itulah seorang muslim hendaknya bersemangat kuat meninggikan nilainya dan menjadikan mahal harga dirinya dengan amal saleh serta tidak usah merasa resah betapapun ia sedikit harta atau dalam keadaan susah ( secara ekonomi ).
Kegagalan manusia dalam menghasilkan sebuah karya nyata disebabkan oleh lemah kemauan ( Dhu’ful Irodah ) dan banyak  mengeluh. Karena itu Alloh berfirman, “ Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.  Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, Dan apabila ia mendapat kebaikan ia Amat kikir, Kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat dengan rutin.( Daa’imun) “ QS al Ma’arij : 19 – 22 . Alloh berfirman: “ … dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir  QS Yusuf : 87. dan dikatakan:
Jangan menyangka kemuliaan adalah kurma yang hanya kamu rasakan lezat memakannya. Kamu tidak sampai pada kemuliaan sehingga (terlebih dahulu ) menjilat buah Jadam
– والله يتولى الجميع برعايته –

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s