‎”Perlakuan pada Qurban menentukan Hasil Akhirnya”

Pagi tadi sarapan sebelum masuk kantor menyempatkan diskusi dengan supir kantor pak Zaky terkait Tips and trik menyembelih hewan Qurban.
Seringkali tips dan trik ini tidak terurai jelas pada panduan hukum syar’i dlm penyembelihan hewan Qurban.

Misalkan :

Agar hewan (domba) yang dihasilkan dari penyembelihan tidak prengus atawa bau kambing pada seluruh daging+organ yg lain maka ada beberapa aturan yg mestinya harus dijalani:
1. Si Penyembelih (dan atau yg menguliti) baiknya dalam keadaan Suci (Mandi Besar+Wudhu)
2. Seusai qurban disembelih dan mulai dikuliti segeralah memotong kantung kemih (kantung Kencing hewan Qurban), posisi ada dekat Torpedo tapi di bagian dlm kulit/tubuh (berisi cairan bening/putih).
3. Setelah disembelih, segerakan Qurban di potong kepalanya dan bagian tubuhnya digantung terbalik (leher dibawah). ini selain untuk mempercepat turun/keluarnya seluruh darah yg menyebabkan bau (lekas busuk) juga agar daging nantinya lebih renyah+empuk.
4. Untuk lebih cepat pada proses menguliti, gunakan bawang merah (baik dioleskan pada jari tangan ataupun digenggam) saat memasukkan tangan ke sela2 antara kulit dan daging.
5. Setelah hewan dikuliti habis baiknya isi perut/jeroan tidak langsung dipisahkan dari tubuh. akan tetapi masukkan/alirkan selang berisi air dari atas (usus/dubur) agar sisa kotoran sisa bersih dari perut mengalir ke bagian leher/kerongkongan. Dan baiknya tidak cuci jeroan di kali/sungai karena mungkin saja ada makhluk Alloh yang terganggu dengan kotoran dari jeroan tadi. Kotoran yg bercampur Air yg mengalir tadi diberi tampungan Bak dibawahnya agar memudahkan dalam membersihkannya. jadi saat jeroan dipisahkan dari tubuh, kondisi jeroan sudah bersih dan lebih irit+efisien dalam pengolahannya.

Untuk tips pendukung yang lain sepertinya sudah banyak sekali bahasannya di internet, bisa sekali browsing langsung ketemu.

Semisal :

Gunakan pisau/golok (perempuan) yang tajam untuk menyembelih, dgn harapan tidak menyika binatang Qurban. bedanya Golok/pisau laki dgn pisau perempuan (menurut istilah dunia penjagalan) adalah yg pisau laki ujungnya mengarah/melengkung ke atas (Golok pendekar kebanyakan), sedang pisau perempuan mengarahnya lurus atau ke bawah, contohnya adalah bentuk dari mandau (golok suku dayak).

Penggunaan penutup pada mata hewan yg akan disembelih.
Pemisahan antara hewan yg akan disembelih, disembelih dan yg telah disembelih agar bisa membantu ketengan hewan saat disembelih.
Cara membaringkan hewan dan tangan mana yang dipergunakan untuk menyembelih
(Hendaklah dia membaringkan hewan kurban itu di atas lambungnya yang kiri bila dia menyembelih dengan tangan kanannya. Namun jika dia menyembelih dengan tangan kirinya, maka hendaklah dia membaringkannya di atas lambungnya yang kanan. Karena tujuan dari hal itu adalah ketenangan binatang tersebut. Seorang yang menyembelih dengan tangan kirinya, niscaya binatang itu tidak tenang kecuali bila dibaringkan di atas lambungnya yang kanan.
Kemudian hendaklah dia meletakkan kakinya di atas leher hewan kurban ketika menyembelih dan memegang dengan tangan kirinya kepala si hewan sehingga tampak urat kerongkongannya.

refrensi lain :
http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/11/29/tata-cara-menyembelih-qurban/
http://qurandansunnah.wordpress.com/2009/11/22/tata-cara-menyembelih-hewan-kurban/
http://kaahil.wordpress.com/2011/10/23/lengkap-cara-menyembelih-hewan-qurban-yang-benar-sesuai-sunnah-shohibul-qurban-dilarang-untuk-mengambil-mencukur-segala-rambutbulu-kuku-dan-kulit-yang-terdapat-pada-tubuhnya-tidak-boleh-memb/

Semoga Bermanfaat

Motto :
Berilah yang terbaik (sempurna) untuk orang lain, karena itu terkait dengan keberkahan yg Alloh berikan atas apa yang kita sempurnakan pemberiannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s